PENJELASAN SCRATCH
SARANA BELAJAR DAN BERBAGI PENGETAHUAN
Mengenal beberapa Fungsi Blok Kontrol; Operator;Blok Variable dan Custom Blok(MyBlok) dalam scratch
1. KELOMPOK BLOK CONTROL
Control merupakan tools penting dalam scratch. Control memiliki warna orange gelap. Control berfungsi mengontrol code agar berjalan.
1.1 Blok Repeat
Fungsi ini sangat berguna untuk menghindari penulisan berulang dan blok perintah yang sama,sehingga membuat kode yang lebih efisien dan mudah di pelihara. Blok "Repeat" () juga dapat digunakan untuk membuat pola gerakan atau tindakan yang terjadi secara berulang dalam permainan atau animasi scratch.
1.2 Blok Repeat Until
Perulangan Repeat Until adalah perulangan yang digunakan untuk mengulang statement-statement atau blok statement sampai (Until) kondisi yang diseleksi di Until tidak terpenuhi. Bila kondisi pada pernyataan Until masih terpenuhi, proses pengulangan akan dilakukan lagi.
1.3 Blok Forever
Blok yang digunakan untuk mengulangi blok kode yang di dalamnya (waktu selamanya)
1.4 Blok IF... Then
If-then merupakan contoh block pada scratch. jika kondisi boolean adalah TRUE maka block code yang berada pada if-then akan dieksekusi lalu dilanjutkan menuju code selanjutnya yang berada di bawah blok if-then. jika kondisi boolean bernilai FALSE, maka block code yang berada pada block if-then akan dilewati. Kode ini akan memeriksa apakah kondisi yang tercantum benar atau salah -- jika benar, maka program akan dijalankan, jika salah akan dilewati.
1.5 Blok if-Then-Else
Kode percabangan dalam scratch terdapat pada block "If" dan "If-Else". Blok if digunakan untuk mengeksekusi serangkaian perintah jika kondisi yang ditentukan benar, sedangkan block If-Else digunakan untuk mengeksekusi perintah yang berbeda tergantung pada kondisi yang diberikan.
2. KELOMPOK BLOK OPERATOR
Blok operator digunakan untuk membuat skrip persamaan matematika dan penanganan string. Misalnya, anda dapat menggunakan blok operator untuk dua angka secara bersamaan atau mencari huruf dalam sebuah kata.
2.1 Operator Penjumlahan
Blok ini digunakan untuk menambahkan dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.
2.2 Operator pengurangan
Blok ini digunakan untuk mengurangi dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.
2.3 Operator Perkalian
Blok ini digunakan untuk mengalikan dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.
2.4 Operator Pembagian
Blok ini digunakan untuk membagi dua nilai dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layer.
2.5 Operator MOD
2.6 Operator Lenght Of
Blok ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter (string) dan melaporkan hasilnya dengan cara menampilkan di layar.
3. KELOMPOK BLOK VARIABLE
Variabel dalam scratch adalah wadah penyimpanan yang menampung nilai yang dapat dimodifikasi atau diambil oleh program anda. Variabel ini dapat digunakan untuk menyimpan data seperti angka (0-9), string (teks), atau nilai Boolean (benar/salah), dan dapat diakses dari sprite manapun dalam proyek anda.
1.1 Make a Variable
Blok ini digunakan untuk menyetel atau mengganti variabel ke jumlah yang ditentukan.
1.3 Change Variable by
Block ini digunakan untuk menampilkan variabel di monitor pada tahap variabel yang ditentukan. Kebalikan dari block Show Variable adalah Block Hide Variable.
1.5 Hide Variable
Block ini digunakan untuk menyembunyikan tampilan variable di monitor pada tahap variabel yang ditentukan.
4. KELOMPOK MYBLOK
My block adalah salah satu dari sepuluh kategori block scratch. Ini memegang prosedur untuk sprite yang dipilih. Mereka berwarna merah muda berkode. Sebelum blok apapun dibuat, blok itu kosong, kecuali tombol "Buat Blok" My Blocks membuat sebuah blok di sprite kita yang dapat kita berikan nama dan mendefinisikan apa yang dilakukan blok baru menggunakan blok scratch lainnya, ini bisa digunakan untuk menghemat ruangan.
lebih detail tentang myblock dapat mengunjungi channel youtube:
Komentar
Posting Komentar